31 Juli 2012

MENGANALISA RESIKO MENJALANKAN USAHA

Posted by Rohmat Junandar 6:00 AM, under ,,,,, | No comments


A . Konsep.
Semua orang menyadari bahwa dunia penuh dengan ketidak pstian,  kecuali kematian namun itupun tetap mengandung ketidak pastian yang akan mengakibatkan adanya resiko bagi pihak-pihak yang berkepentingan.  Apalagi dalam dunia bisnis, ketidak pastian dan resikonya adalah sesuatu yang tidak dapat diabaikan begitu saja, malahan harus diperhatikan secara serius.
Sehubungan dengan pernyataan tersebut, semua orang (khususnya pengusaha) selalu harus berusaha untuk menanggulanginya, artinya berupaya untuk meminimumkan/memperkecil ketidakpastian agar kerugian yang ditimbulkan dapat dihilangkan/diperkecil. 
Para wirausaha menyukai tindakan pegambilan resiko nyata karena mereka ingin berhasil. Maksudnya mereka ingin mendapatkan kepuasan besar dalam melaksanakan tugas yang sukar tetapi nyata dengan menerapkan ketrampilan mereka.  Wirausaha menghindari situasi resiko rendah karena tidak ada tantangan, akan tetapi meraka juga tidak menyukai situasi dengan resiko tinggi karena para wirausaha cenderung selalu ing in berhasil.  Ringkasnya para wirausaha menyukai tantangan, namun dapat diselesaikan dan dapat dicapai keberhasilan yang maksimal.
B.    Pengertian Resiko
Hasil yang dicapai dari suatu kegiatan jarang sekali yang dapat diramalkan dengan hasil yang sempurna, pada umumnya terjadi penyimpangan, biarpun kecil.  Resiko selalu terjadi bila keputusan yang diambildengan memakai kreteria peluang (decision under  risk) atau kreteria ketidak pastian (decision under uncertai nty).  Untuk menghitung resiko pada umumnya dipakai  nilai yang diperkirakan (expected value) atau angka penyimpangan (variance).                 
         Resiko perlu dianalisis, yaitu dengan memakai tolok ukur, untuk mengukur besarnya resiko atas suatu alternatif, dengan tujuan untuk memperoleh alternatif dengan resiko yang masih dapat ditanggung.  Analisis ini sangat penting untuk menentukan modal yang diangarkan/ yang akan digunakan dalam kegitan usahannya.  Bermacam-macam resiko yang mungkin terjadi dalam suatu kegiatan usaha, yaitu resiko teknis (kerugian), resiko pasar, resiko kredit serta resiko diluar kemampuan  manusia (misal bencana alam dan kematian).  Semua resiko dapat dicegah  atau diperkecil kecualiresiko alam yang probalitasnya sangat kecil dan dapat diabaikan.
Bagi seorang wirausaha menghadapi resiko adalah tantangan karena mengambil resiko berkaitan dengan kreativitas dan inovasi serta merupakan  bagian penting dalam mengubah ide menjadikenyataan.  Demikian pula pengambIlan resiko bagi wirausaha berkaitan dengan kepercayaan pada dirinya.  Semakin besar pula keyakinan pada kemampuan dirinya, semakin besar pada kesanggupan untuk menelurkan hasil dari keputusan yang diambil.  Bagi orang yang bukan wirausaha (misalnya seorang pegawai negeri) kegiatan tersebut merupakan resiko, tetapi bagi wirausaha adalah tantangan dan peluang untuk memperoleh hasil.  Wirausaha berprinsip biar mundur satu langkah, tetapi nani harus maju dua atau tiga langkah. 
Pada majalah Wirausah yang berjudul Executive pada lembaran khusus ditulis  “ Jangan tinggal ditempat (digambar dengan kura-kura terbalik), tetapi berbuatlah yang pasti dan mantap biarpun lambat (digambarkan dengan kura-kura berjalan merayap lambat)”.


        Berikut beberapa pendapat tentang pengertian resiko  :
1.   Resiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu ( Artur Williams  dan Richard, M. H).
2.   Resiko adalah ketidaktentuan (uncertainty) yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian (loss), (A> Abas Salim).
3.   Resiko adalah ketidakpastian  atas terjadinya suatu peristiwa  ( Soekarto).
4.   Resiko adalah merupakan penyebaran/penyimpangan hasil aktual  dari hasil yang diharapkan (Herman Darmawi).
5.   Resiko adalah probabilitas suatu hasil yang berbeda dengan yang diharapkan ( Herman Darmawi).
Dari pengertian–pengertian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa resiko adalah sesuatu yang selalu dihubungkan dengan kemungkinan terjadinyasesuatu yang merugikan yang tidak diduga atau tidak diinginkan sebelumnya.
Sedangkan karekteristik resiko itu sendiri adalah :
1.     Resiko adalah suatu ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa.
        2.Resiko adalah ketidapastin yang bila terjadi akan menimbulkan kerugian

0 Add Comment:

Poskan Komentar

Blog Archive