-->

Ulat Bulu Paling Mematikan Di Dunia

Ulat Bulu Paling Mematikan Di Dunia

Tidak sedikit di dunia ini yang takut akan adanya ulat, bahkan sampai ada yang berlebihan hanya dengan melihatnya saja, ada yang hanya melihat langsung alergi dan gatal-gatal tanpa menyentuh ataupun terkena bulu dari ulat tersebut. berikut ini ada data ulat yang paling beracun dan sangat mematikan pula. salah satu hewan yang bikin jijik bin gatel klo denger namanya.


Bagi kebanyakan orang, ulat bulu merupakan hewan yang paling tidak disukai karena bentuknya yang menggelikan dan bulunya dapat menyebabkan gatal-gatal. Begitu juga dengan jenis ulat bulu yang bernama Obliqua Lonomia. Makhluk kecil berjenis serangga yang dijuluki ‘ulat badut’ ini mungkin dapat membuat kamu tercengang. Mengapa?

Walau menyandang gelar ‘badut’, sama sekali tak ada yang bisa buat kamu tertawa dari penampilan ulat bulu ini. Tampak seperti ulat pohon biasa dengan duri yang sangat banyak, bertubuh tebal, dan berwarna cokelat kehijau-hijauan, gelap-cokelat sampai kehitam-hitaman hingga bagian kepala. Sekilas memang tampak cantik, tapi sayang dapat ‘mematikan’.

Lonomia tinggal di hutan Amazon, daerah selatan Brazil. Ulat bulu yang pandai menyamar dan mudah menyatu dengan kulit pohon ini dikenal sangat berbahaya. Saking berbahayanya, duri pada ulat ini dapat menyebabkan kematian, lho. Saat kulit kita melakukan kontak dengan duri dari Lonomiadapat menyebabkan reaksi seperti infeksi kulit, luka bakar, alergi, pendarahan internal juga eksternal, hingga gagal ginjal dan kasus terburuk sampai menyebabkan kematian.

   

Ya, pasti tak akan ada yang menyangka jika bulu atau duri yang ada pada ulat ini sangat beracun. Tak tanggung-tanggung kandungan racunnya adalah antikoagulant yang merupakan zat anti pembekuan darah. Lebih menakjubkan lagi, racun dosis rendah dari gigitan Lonomia punya efek racun lebih mematikan dari dosis 1000 kali lipat gigitan ular berbisa biasa. Bersyukurlah bahwa ulat ini hanya muncul saat musim cerah, dua sampai tiga bulan setiap tahun.

Jika kamu penasaran dan ingin mencarinya, jangan terlalu berharap dapat menemukan ulat bulu ini karena mungkin kamu tidak dapat melihatnya dengan jelas di balik pepohonan dan semak kayu. Sudah ada beberapa kasus kematian yang disebabkan sengatan duri dari makhluk kecil ini. Maka dari itu, waspadalah dengan hewan-hewan disekitar kita, sekecil apapun itu!

SM: http://forum.viva.co.id

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter