-->

Kajian tentang Pembelajaran IPS Sekolah Dasar


A.    Kajian tentang Pembelajaran IPS Sekolah Dasar
1.      Pengertian Pembelajaran IPS
Peristiwa belajar dan pembelajaran merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Kegiatan belajaryang disertai dengan proses pembelajaran akan lebih terarah dansistematik daripada belajar yang hanya semata-mata dan pengalamandalam kehidupan sosial di masyarakat. Pembalajaran merupakan upayapenataan lingkungan yang bernuansa agar program belajar tumbuh danberkembang secara optimal. Peristiwa pembelajaran merupakan proses interaksimempengaruhi si belajar sehingga memperoleh kemudahan dalamberinteraksi dengan lingkungan.

Menurut Nasution (1982) Ilmu Pengetahuan Sosial merupakansuatu program pendidikan yang merupakan suatu keseluruhan, yangpada pokoknya mempersoalkan manusia dalam lingkungan fisikmaupun dalam lingkungan sosial, dan bahannya diambil dari berbagaiilmu-ilmu sosial : geografi, sejarah, ekonomi, antropologi, politik, danpsikologi sosial. IPS lahir dari keinginan para pakar pendidikan untuk“membekali” para siswa supaya nantinya mereka mampu menghadapidan menangani kompleksitas dimasyarakat yang seringkaliberkembang secara tidak terduga.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengahdimana terdapat salah satu tujuan yaitu agar siswa memilikikemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.

2.      Pengertian lingkungan alam
Lingkungan adalah suatu ruang atau tempat beserta segala isinya yang ada. Lingkungan alam adalah lingkungan yang sudah ada di alam tanpa harus dibuat oleh manusia, merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan alam dapat dibedakan atas lingkungan daratan dan lingkungan perairan. Lingkungan alam daratan di sekitar kita antara lain, gunung, sungai, pantai, laut, danau, lembah dan ngarai, hutan, dataran rendah, dataran tinggi.
3.      Pengertian peta konsep
Peta konsep adalah suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterikatan antar konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar, sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna. (Dahar, 1989: 123).
Menurut Hudojo, et al (2002) peta konsep adalah keterkaitan antara konsep dan prinsip yang direpresentasikan bagai jaringan konsep yang perlu dikonstruk dan jaringan konsep hasil konstruksi inilah yang disebut peta konsep. Sedangkan menurut Suparno (dalam Basuki, 2000, h.9) peta konsep merupakan suatu bagan skematik untuk menggambarkan suatu pengertian konseptual seseorang dalam suatu rangkaian pernyataan. peta konsep bukan hanya menggambarkan konsep-konsep yang penting, melainkan juga menghubungkan antara konsep-konsep itu. 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter