Pembelajaran menggunakan metode konsep pada mata pelajaran IPS
Pada kenyataannya pelajaran IPS sering dianggap
sebagai mata pelajaran yang membosankan. Indikasi tersebut dapat dilihat dari
hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Pembelajaran yang biasa diterapkan
selama ini menggunakan metode pembelajaran konvensional, dimana pembelajaran
berpusat pada guru, siswa pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Hal ini
menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat kurangnya minat dan dapat
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar akan meningkat apabila
kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara bervariasi melalui penerapan
berbagai metode pembelajaran. Berkenaan dengan hal tersebut perlu dicari model
pembelajaran alternatif yang dapat menciptakan pembelajaran yang
mampumenempatkan siswa sebagai subjek didik (pembelajaran aktif, kreaktif,dan
menyenangkan), yang dapat meningkatkan hasil belajar sehingga prestasi belajar
dapat meningkat. Metode peta konsep merupakan salah satu pilihan untuk
mengatasi masalah tersebut. Metode pembelajaran ini merupakan sebuah pemahaman
konsep yang ditunjukan untuk perbaikan proses pembelajaran, dimana partisipasi
aktif siswa dalam proses pembelajaran sangat ditekankan sehingga tidak berjalan
satu arah, dan terdapat timbal balik antara guru dengan siswa. Selain itu,
dengan karakteristik siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional
kongkrit.
Pada tahap ini anak mengembangkan pemikiran logis,
masih sangat terikat pada fakta-fakta yang dilihatnya, artinya anak mampu
berfikir logis, akan tetapi masih terbatas pada objek-objek kongkrit, dan mampu
melakukan konservasi. Maka metode peta konsep ini harus menyajikan konsep
ataugagasan pokok dengan hubungan yang sesuai dan mengungkapkan pola pandang
tunggal yang mempunyai hubungan timbal balik. Sehingga caraini menjamin
keterlibatan total semua siswa untuk memahami konsepmateri yang telah diajarkan
dan upaya yang sangat baik untukmeningkatkan hasil belajar siswa.
Melalui penelitian ini akan dibuat mekanisme
pembelajaran dengan menggunakan satu metode pembelajaran yang diterapkan pada
satu kelas eksperimen dengan menggunakan metode peta konsep. Untuk
mengetahuiapakah ada peningkatan hasil belajar IPS antara sebelum menggunakan metode
peta konsep dengan sesudah menggunakan metode peta konsep.
Post a Comment for "Pembelajaran menggunakan metode konsep pada mata pelajaran IPS"