Kajian tentang Pembelajaran IPS Sekolah Dasar
A.
Kajian
tentang Pembelajaran IPS Sekolah Dasar
1. Pengertian
Pembelajaran IPS
Peristiwa
belajar dan pembelajaran merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam
kehidupan manusia. Kegiatan belajaryang disertai dengan proses pembelajaran
akan lebih terarah dansistematik daripada belajar yang hanya semata-mata dan
pengalamandalam kehidupan sosial di masyarakat. Pembalajaran merupakan
upayapenataan lingkungan yang bernuansa agar program belajar tumbuh
danberkembang secara optimal. Peristiwa pembelajaran merupakan proses
interaksimempengaruhi si belajar sehingga memperoleh kemudahan
dalamberinteraksi dengan lingkungan.
Menurut
Nasution (1982) Ilmu Pengetahuan Sosial merupakansuatu program pendidikan yang
merupakan suatu keseluruhan, yangpada pokoknya mempersoalkan manusia dalam
lingkungan fisikmaupun dalam lingkungan sosial, dan bahannya diambil dari
berbagaiilmu-ilmu sosial : geografi, sejarah, ekonomi, antropologi, politik,
danpsikologi sosial. IPS lahir dari keinginan para pakar pendidikan untuk“membekali”
para siswa supaya nantinya mereka mampu menghadapidan menangani kompleksitas
dimasyarakat yang seringkaliberkembang secara tidak terduga.Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006tentang standar isi untuk satuan
pendidikan dasar dan menengahdimana terdapat salah satu tujuan yaitu agar siswa
memilikikemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin
tahu,inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
2. Pengertian
lingkungan alam
Lingkungan
adalah suatu ruang atau tempat beserta segala isinya yang ada. Lingkungan alam
adalah lingkungan yang sudah ada di alam tanpa harus dibuat oleh manusia,
merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan alam dapat dibedakan atas
lingkungan daratan dan lingkungan perairan. Lingkungan alam daratan di sekitar
kita antara lain, gunung, sungai, pantai, laut, danau, lembah dan ngarai,
hutan, dataran rendah, dataran tinggi.
3. Pengertian
peta konsep
Peta
konsep adalah suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterikatan
antar konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara
konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu kata
penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta konsep akan
mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar, sehingga tercapai
pembelajaran yang bermakna. (Dahar, 1989: 123).
Menurut Hudojo, et al (2002) peta konsep adalah
keterkaitan antara konsep dan prinsip yang direpresentasikan bagai jaringan
konsep yang perlu dikonstruk dan jaringan konsep hasil konstruksi inilah yang
disebut peta konsep. Sedangkan menurut Suparno (dalam Basuki, 2000, h.9) peta
konsep merupakan suatu bagan skematik untuk menggambarkan suatu pengertian
konseptual seseorang dalam suatu rangkaian pernyataan. peta konsep bukan hanya
menggambarkan konsep-konsep yang penting, melainkan juga menghubungkan antara
konsep-konsep itu.
Post a Comment for "Kajian tentang Pembelajaran IPS Sekolah Dasar"