-->

Pembelajaran menggunakan metode konsep pada mata pelajaran IPS


Pada kenyataannya pelajaran IPS sering dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan. Indikasi tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini menggunakan metode pembelajaran konvensional, dimana pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat kurangnya minat dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar akan meningkat apabila kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara bervariasi melalui penerapan berbagai metode pembelajaran. Berkenaan dengan hal tersebut perlu dicari model pembelajaran alternatif yang dapat menciptakan pembelajaran yang mampumenempatkan siswa sebagai subjek didik (pembelajaran aktif, kreaktif,dan menyenangkan), yang dapat meningkatkan hasil belajar sehingga prestasi belajar dapat meningkat. Metode peta konsep merupakan salah satu pilihan untuk mengatasi masalah tersebut. Metode pembelajaran ini merupakan sebuah pemahaman konsep yang ditunjukan untuk perbaikan proses pembelajaran, dimana partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran sangat ditekankan sehingga tidak berjalan satu arah, dan terdapat timbal balik antara guru dengan siswa. Selain itu, dengan karakteristik siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional kongkrit.

Pada tahap ini anak mengembangkan pemikiran logis, masih sangat terikat pada fakta-fakta yang dilihatnya, artinya anak mampu berfikir logis, akan tetapi masih terbatas pada objek-objek kongkrit, dan mampu melakukan konservasi. Maka metode peta konsep ini harus menyajikan konsep ataugagasan pokok dengan hubungan yang sesuai dan mengungkapkan pola pandang tunggal yang mempunyai hubungan timbal balik. Sehingga caraini menjamin keterlibatan total semua siswa untuk memahami konsepmateri yang telah diajarkan dan upaya yang sangat baik untukmeningkatkan hasil belajar siswa.
Melalui penelitian ini akan dibuat mekanisme pembelajaran dengan menggunakan satu metode pembelajaran yang diterapkan pada satu kelas eksperimen dengan menggunakan metode peta konsep. Untuk mengetahuiapakah ada peningkatan hasil belajar IPS antara sebelum menggunakan metode peta konsep dengan sesudah menggunakan metode peta konsep.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter