-->

Linux BlankOn

Download Cara Instal BlankOn
PENGERTIAN
BlankOn adalah salah satu jenis linux. BlankOn Linux adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.
Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan

BlankOn adalah sistem operasi komputer lengkap berbasis linux yang berisi aplikasi perangkat lunak bebas dan terbuka yang cocok dipasang di desktop, laptop, notebook atau netbook. Distro ini dirilis oleh YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia) dan dikembangkan secara terbuka oleh komunitas.

Kita dapat menggunakan BlankOn di rumah, sekolah, atau kantor karena BlankOn berisi aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi, penjelajah web, pengelola surel, pengedit gambar, pemutar musik dan video dan banyak lagi aplikasi lainnya.
BlankOn dirilis gratis tanpa biaya lisensi dan dapat diunduh, digunakan atau dibagikan ke keluarga, teman, sekolah, kantor tanpa membayar apapun.
Aplikasi yang dibutuhkan untuk penggunaan komputer secara umum sudah tersedia di dalam CD BlankOn. Aplikasi tambahan tersedia di CD lainnya yang bernama CD Pengaya atau tersedia online di repositori BlankOn.
Komunitas melakukan usaha keras menciptakan BlankOn yang bersahabat untuk anda. Setelah BlankOn terinstal, semua kebutuhan dasar berkomputer sudah tersedia sehingga komputer anda sudah siap digunakan.

Beberapa alasan keberhasilan BlankOn Linux adalah :
· Merupakan distribusi Linux yang aktif dikembangkan secara terbuka oleh komunitas dan merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.
· Menerapkan konsep Indonesia (Bahasa, Tema Seni dan Budaya, Aksara Nusantara dan Aplikasi Khas)
· BlankOn memiliki repositori dengan jumlah aplikasi yang besar.
· Memiliki fokus membuat segalanya siap pakai (wifi, dukungan multimedia).
· Panduan, bantuan dan dukungan penggunaan BlankOn mudah diperoleh.

Sejarah BlankOn
Asal Usul
BlankOn adalah tutup kepala khas beberapa suku/budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa, suku Sunda, suku Madura, suku Bali, dan lain-lain.

BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan on (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan tampilan klasik (kuno).
Arti lain kata BlankOn adalah perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi).
Arti filosofi BlankOn adalah harapan agar pengguna distro BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi) bahwa ada Linux yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill di bidang TI, martabat, dan kemandirian bangsa Indonesia.

Pengembangan Linux BlankOn
Linux BlankOn merupakan salah satu karya YPLI yang dilisensikan sebagai milik masyarakat umum (GNU/GPL). YPLI dengan BlankOn-nya dijadikan studi kasus oleh badan dunia UNDP dan UNESCO sebagai contoh sukses pemanfaatan FOSS di berbagai belahan dunia. BlankOn rilis pertama (versi 1.0 dan 1.1) berbasiskan distro linux Fedora. BlankOn versi 2 (Konde), 3 (Lontara), 4 (Meuligoe), 5 (Nanggar), 6 (Ombilin), 7 (Pattimura) berbasiskan distro Ubuntu.

Versi atau Catatan Rilis Linux BlankOn
BlankOn 1.0
Nama kode : Bianglala

BlankOn 2.0
Nama kode : Konde - Dirilis 15 November 2007

BlankOn 3.0
Nama kode : Lontara - Dirilis 27 April 2008

BlankOn 4.0
Nama kode : Meuligoe - Dirilis 15 November 2008

BlankOn 5.0
Nama kode : Nanggar - Dirilis 16 Juni 2009

BlankOn 6.1
Nama kode : Ombilin

BlankOn 7.0
Nama kode : Pattimura

Download Cara Instal BlankOn

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter