-->

Perkembangan terkini Sistem Operasi MacOS


www.apple.com/macos/mojave

Sistem Operasi  MacOS saat ini sangat banyak diminati para masyarakat di Indonesia biarpun dari segi harganya mahal tetap saja banyak peminatnya. Sistem Operasi  MacOS  yang terbaru saat ini adalah Sistem Operasi  MacOS 10.14 dengan nama Mojave. berikuti ini akan di jelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi tersebut.

Sistem Operasi  MacOS 10.14 dengan nama Mojave
Kelebihan :
1.      Platform untuk DTP, graphic design, web design, dan aplikasi bisnis.
2.      Versi terakhirnya memiliki preemptives multi threading, pengaman memori, sistem file modern (HFS+) dan TCP/IP Stack yang matang.
3.      Penggunaan basis UNIX yang diterapkan menjadikan pemakaiannya lebih stabil serta dalam segi keamanan juga sangat terjamin (bebas dari virus, spyware dan malware).
4.      Memiliki program sherlock.
5.      Kompatibilitasnya tetap terjaga berkat bantuan program terkenal yang disebut Blue Box.
6.      Multitasking
7.      Bisa mengenal file format windows
8.      Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia
9.      Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya generikâ™ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt).
10.  Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan
Windows) yang bisa membaca format tersebut.
11.  Dari segi kemudahan penggunaan juga cukup terjamin karena anda secara langsung dapat mencoba sekaligus belajar mengenai cara penggunaannya, selain itu support hardware pada MacOS juga cukup jelas.
12.  Jarang terkena virus open sourcecode sehingga Mac OS sulit dibajak.
13.  Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
14.  Ada Time Machineâ™ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
15.  Ada program “sherlock” yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
Kekurangan :
1.      harga yang cukup tinggi mengingat pihak Apple sendiri juga selalu memberikan harga tinggi pada semua produknya termasuk juga sistem operasi MacOS.
2.      Software di MacOS tidak begitu lengkap.
3.      Hanya cocok untuk graphic designer.
4.      MacOS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem MacOS.
5.      Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan MacOS.
6.      Kurang cocok untuk aplikasi server dan game (rid).
7.      Pada suatu komputer MacOS tidak bisa digunakan bersamaan dengan sistem operasi lain, tidak seperti Windows yang juga mampu menjalankan Linux meskipun dalam pengemasan VirtualBox.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter