-->

Technical Skill, Apa itu Keahlian Teknikal atau Teknis

Keahlian Teknikal (Technical Skill). Keahlian teknikal atau teknis adalah keahlian khusus yang harus dimiliki oleh seorang manajer berkaitan dengan tanggung jawab utama yang harus dijalankan. Misalkan, seorang manajer yang bertanggung jawab di bidang keuangan haru mengetahui ilmu-ilmu bidang keuangan. Manajer yang bertanggung jawab di bidang pemasaran harus mengerti mengenai pasar.


Apakah Keterampilan Teknis itu?
Keahlian teknis adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas yang terkait dengan peran teknis seperti TI, teknik, mekanika, sains atau keuangan. Keahlian teknis yang khas adalah pemrograman, analisis tokoh-tokoh kompleks atau penggunaan alat-alat khusus. Mayoritas keterampilan teknis membutuhkan pengalaman dan terkadang pelatihan ekstensif untuk dikuasai.

Karena perburuan pekerjaan menjadi lebih kompetitif, lulusan harus bekerja lebih keras untuk membedakan diri dari kandidat lain, dan memperoleh keterampilan teknis adalah salah satu cara untuk mencapai hal ini.

Mengapa Materi Keahlian Teknis?
Keterampilan teknis penting untuk sejumlah alasan. Mereka dapat membantu Anda bekerja lebih efisien, meningkatkan rasa percaya diri Anda dan menjadikan Anda calon yang lebih berharga bagi para majikan.

Kandidat yang memiliki keterampilan teknis seringkali lebih percaya diri ketika mendaftar ke industri tertentu daripada mereka yang tidak. Selain itu, karyawan dengan keterampilan teknis sering lebih baik dalam multitasking dalam peran yang menantang dan kompleks. Dengan kemampuan teknis yang memadai, Anda akan dapat berbicara dengan kolega dan klien dengan lebih percaya diri menggunakan keahlian spesialis Anda.

Lulusan yang meluangkan waktu untuk belajar keterampilan teknis sering menerima bayaran yang lebih tinggi. Bisnis selalu mencari staf yang berpengetahuan, karena klien mereka berharap untuk bekerja dengan tim yang sangat terampil yang mereka percayai untuk memberikan hasil yang mereka butuhkan.

Lulusan yang terampil secara teknis juga dapat menghemat uang majikan, karena mereka tidak memerlukan begitu banyak pelatihan untuk mencapai tingkat tertentu. Plus mereka dapat mencegah masalah teknis terjadi, meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi masalah teknis sebelum mereka muncul.

Apa Keterampilan Teknis Kunci untuk Lulusan?
Keterampilan teknis ditemukan di banyak industri yang berbeda tetapi yang paling umum termasuk:

Pemrograman
Ketrampilan pemrograman tidak hanya disediakan untuk pengembang. Staf TI lainnya, seperti tim layanan pelanggan atau manajer proyek, harus memiliki pemahaman dasar tentang pemrograman untuk mendukung pelanggan atau mengoordinasikan proyek. Setiap lulusan yang memasuki industri TI akan lebih berharga bagi pemberi kerja jika mereka tahu cara membuat kode karena mereka dapat mengerjakan tugas yang berkaitan dengan pemrograman dari awal.

Manajemen proyek
Mampu mengoordinasikan sumber daya, orang, dan anggaran secara efektif sebagai manajer proyek adalah salah satu keterampilan teknis terbaik yang dapat Anda miliki. Manajer proyek diperlukan di setiap industri mulai dari konstruksi hingga desain digital.

Manajer proyek yang memenuhi syarat akan dapat memberikan proyek dengan lebih efisien, menggunakan sumber daya dengan biaya yang efektif dan menggunakan staf yang tepat untuk menyelesaikan tugas yang tepat. Ini dapat menghasilkan penghematan sumber daya, penyelesaian masalah yang cepat, antisipasi masalah masa depan dan perbaikan menyeluruh dalam lingkungan kerja. Bahkan jika Anda tidak mengamankan peran manajemen proyek langsung dari universitas, keterampilan manajemen proyek Anda akan tetap sangat dihargai dan diakui oleh perusahaan yang potensial.

Analisis Big Data dan Business Intelligence
Jenis analisis data ini sangat penting dalam banyak peran karena dapat memberikan bisnis informasi penting yang dapat mereka gunakan untuk mempertahankan pangsa pasar atau menentukan keunggulan kompetitif mereka. Analisis data besar memainkan peran penting dalam keseluruhan proses bisnis, yang mengapa keterampilan teknis ini sangat dihargai oleh banyak perusahaan.

Mengevaluasi kumpulan data besar adalah tugas yang rumit dan hasilnya akan membantu mengidentifikasi korelasi, menyoroti pelanggan paling berharga perusahaan dan menilai laba atas investasi, untuk melihat di mana kunci peningkatan organisasi dan strategis dapat dilakukan. Melengkapi analisis data besar dengan benar dapat menghasilkan operasi penjualan dan pemasaran yang lebih efektif, meningkatkan peluang untuk menghasilkan pendapatan dan efisiensi operasional yang lebih besar.

Informasi keamanan
Dalam dunia yang semakin digital, keamanan adalah bidang yang menjadi perhatian besar di antara banyak pemilik bisnis. Pelanggaran data dapat berdampak buruk pada bisnis, dari hilangnya pelanggan hingga kerusakan yang tak dapat diperbaiki terhadap reputasi perusahaan. Akibatnya, permintaan meningkat untuk spesialis keamanan teknis.

Manajemen keamanan adalah keterampilan teknis di mana para spesialis mengembangkan pengetahuan untuk mengidentifikasi celah dalam sistem, menentukan setiap kerentanan dan menyesuaikan praktik untuk memperkuat cara di mana informasi dikelola. Mempelajari keamanan informasi dan menampilkannya di CV Anda sebagai keterampilan teknis dapat menambah nilai bagi aplikasi Anda, terutama jika Anda memasukkan peran IT atau manajemen data.

Karir di mana keterampilan teknis penting
Keterampilan teknis tidak hanya terbatas pada peran teknis; mereka dapat ditemukan di berbagai industri dan pekerjaan yang berbeda termasuk pemasaran digital, desain dan penulisan. Sebagai contoh:

Perancang
Dengan semakin banyak bisnis yang bergerak online, ruang lingkup untuk desainer sangat besar. Desainer sekarang harus menguasai sejumlah keterampilan teknis, mulai dari perangkat lunak seperti Photoshop hingga alat yang mereka gunakan untuk membuat wireframes. Keterampilan teknis seperti pengetahuan praktis tentang HTML, CSS, dan JavaScript juga berguna.

Perwakilan Layanan Pelanggan
Dengan lebih banyak cara untuk menghubungi dukungan pelanggan, perwakilan perlu mengetahui cara memproses tiket dukungan, berbicara melalui obrolan langsung, menggunakan alat manajemen hubungan pelanggan dan menggunakan media sosial. Misalnya, jika pelanggan bertanya mengapa mereka tidak dapat masuk ke akun mereka, Anda mungkin diharapkan untuk mencari tahu mengapa, dengan menavigasi melalui berbagai sistem atau pemecahan masalah untuk menyelesaikan permintaan layanan.

Asisten Pemasaran
Jika Anda memasuki posisi pemasaran, pekerjaan Anda akan melibatkan lebih dari sekadar menemukan bisnis baru. Peran pemasaran saat ini memerlukan banyak tugas berbeda - mulai dari mengembangkan strategi pemasaran email dan buletin hingga mengawasi SEO dan memantau analytics. Keahlian dalam HTML dan CSS dapat berguna, seperti halnya pemahaman tentang bagaimana server dan browser berfungsi, dan bagaimana data indeks mesin pencari.

Penulis
Percaya atau tidak, penulis juga membutuhkan keterampilan teknis. Tulisan hari ini lebih dari sekadar menggunakan pengolah kata untuk membuat konten yang hebat. Penulis harus menguasai banyak keterampilan, terutama di dunia digital. Seorang penulis akan memerlukan berbagai keterampilan teknis untuk memahami sistem manajemen konten, mendapatkan dasar-dasar pengoptimalan mesin pencari (SEO) dan bahkan tahu cara menyusun situs web atau blog untuk mempublikasikan pekerjaan untuk diri mereka sendiri atau atas nama klien.

Cara Mendorong Keterampilan Teknis Anda di CV Anda dan di Wawancara
Jika Anda memilikinya, keterampilan teknis harus diberikan kejelasan pada CV Anda, dan Anda harus memberikan bukti situasi di mana Anda telah menggunakannya, apa yang Anda lakukan dan hasilnya. Jadikan CV Anda sebagai fokus pencapaian sebagai pos

ref:https://www.wikijob.co.uk/content/interview-advice/competencies/technical-skills

in english:

What Are Technical Skills?
A technical skill is the ability to carry out a task associated with technical roles such as IT, engineering, mechanics, science or finance. Typical technical skills are programming, the analysis of complex figures or the use of specific tools. The majority of technical skills require experience and sometimes extensive training to master.

As job hunting becomes more competitive, graduates need to work even harder to differentiate themselves from other candidates, and acquiring technical skills is one way to achieve this.

Why do Technical Skills Matter?
Technical skills are important for a number of reasons. They can help you work more efficiently, boost your confidence and make you a more valuable candidate for employers.

Candidates who have a technical skill are often more confident when applying to certain industries than those who don't. In addition, employees with a technical skill are often better at multitasking in a challenging and complex role. With sufficient technical ability, you will be able to speak to colleagues and clients more confidently using your specialist expertise.

Graduates who take the time to learn a technical skill often receive higher pay. Businesses are always on the lookout for knowledgeable staff, as their clients expect to work with highly skilled teams who they have confidence in to deliver the results they need.

Technically skilled graduates can also save employers money, as they don’t require so much training to get to a particular level. Plus they can prevent technical issues from occurring, increase customer satisfaction and reduce technical problems before they arise.

What are the Key Technical Skills for Graduates?
Technical skills are found in many different industries but the most common ones include:

Programming
Programming skills are not just reserved for developers. Other IT staff, such as customer service teams or project managers, need to have a basic understanding of programming to support customers or coordinate projects. Any graduate entering the IT industry will be more valuable to an employer if they know how to code because they can take on programming-related tasks from the outset.

Project Management
Being able to effectively coordinate resources, people and budgets as a project manager is one of the best technical skills that you can have. Project managers are required in every industry from construction through to digital design.

A qualified project manager will be able to deliver projects more efficiently, use resources cost-effectively and deploy the right staff to complete the right tasks. This can result in resource savings, prompt resolution of problems, anticipation of future issues and an overall improvement in the work environment. Even if you do not secure a project management role straight from university, your project management skills will still be highly valued and recognised by any potential employer.

Analysis of Big Data and Business Intelligence
This type of data analysis is crucial in many roles because it can give businesses vital information they can use to retain market share or define their competitive advantage. Big data analysis plays a crucial role in overall business process, which is why this technical skill is valued so highly by many employers.

Evaluating large data sets is a complex task and the results will help to identify correlations, highlight a company’s most valuable customers and assess return on investment, to see where key organisational and strategic improvements can be made. Completing big data analysis correctly can thus result in more effective sales and marketing operations, increased opportunities to generate revenue and greater operational efficiency.

Information Security
In an increasingly digital world, security is an area of great concern among many business owners. Data breaches can have a devastating impact on a business, from loss of customers through to irreparable damage to the reputation of the company. As a result, demand is increasing for technical security specialists.

Security management is a technical skill where specialists develop the knowledge to identify loopholes in systems, pinpoint any vulnerabilities and tailor practices to strengthen the way in which information is managed. Learning information security and displaying it on your CV as a technical skill can add value to your application, particularly if you are entering an IT or data management role.

Careers where technical skills are important
Technical skills are not just confined to technical roles; they can be found in a range of different industries and occupations including digital marketing, design and writing. For example:

Designer
With more businesses moving online, the scope for designers is huge. Designers now need to master a number of technical skills, from software such as Photoshop through to the tools they use to create wireframes. Technical skills such as a working knowledge of HTML, CSS and JavaScript are also useful.

Customer Service Representative
With more ways to contact customer support, representatives need to know how to process support tickets, talk via live chat, use a customer relationship management tool and use social media. For example, if a customer asks why they can't log in to their account, you may be expected to find out why, by navigating through the various systems or troubleshooting to resolve the service request.

Marketing Assistant
If you enter a marketing position, your job will involve much more than finding new business. Today’s marketing roles require many different tasks - from developing email marketing strategies and newsletters through to overseeing SEO and monitoring analytics. Expertise in HTML and CSS can therefore be useful, as can an understanding of how servers and browsers function, and how search engines index data.

Writer
Believe it or not, writers need technical skills too. Today's writing goes much further than simply using a word processor to create a great piece of content. Writers have to be multi-skilled, particularly in the digital world. A writer will need a range of technical skills to understand content management systems, get the basics of search engine optimisation (SEO) and even know how to put together a website or blog to publish work for themselves or on behalf of clients.

How to Push Your Technical Skills in Your CV and at Interview
If you possess them, technical skills need to be given prominence on your CV, and you should provide evidence of situations where you have used them, what you did and the outcome. Make your CV as achievement-focused as pos

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter