-->

Faktor-faktor yang Menciptakan Nilai Ekonomi

Pemasarn adalah termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam penciptaan nilai ekonomi. Sedangkan nilai ekonomi itu sendiri akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu-individu. Adapun faktor-faktor penting yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah:
  1. Produksi yang membuat barang-barang
  2. Pemasaran yang mendistribusikannya
  3. Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut
Konsumsi baru dilaksakan sesudah adanya kegiatan produksi dan pemasaran. Jadi produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran berada diantara produksi dan konsumsi, ini berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara kedua faktor tersebut. Dalam kondisi perekonomian sekarang ini, tanpa adanya pesaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan.
Pemasaran merupakan sebuah faktor penting dalam suatu siklus yang bermula dan berakhir dengan kebutuhan konsumen. Pemasaran harus dapat menafsirkan kebutuhan-kebutuhan konsumen dan mengkombinasikan dengan data pasar seperti : lokasi konsumen, jumlahnya, dan kesukaan mereka. Informasi tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk mengadakan pengolahan bagi kegiatan produksi. Dalam hal ini, tugas produsen adalah membuat barang secara fisik, dan untuk menyampaikannya kepada konsumen perlu di kombinasikan dengan jasa-jasa seperti kredit, penentuan harga, pemberian informasim dan sebagainya. Suatu siklus akan berakhir apabila konsumen merasa puas terhadap pemilihan suatu barang. Tentu saja, siklus seperti ini akan terjadi secara berulang-ulang atau terus menerus.
Ditinjau dari siklus ini, penjual berada di pihak yang menjalankan kegiatan pemasaran, dan pembeli berada pada titik konsumsi. Sering dijumpai bahwa produsen yang melakukan kegiatan produksi, juga merangkap sebagai penjual. Dari segi lain, pemasaran dapat dilakukan oleh pihak yang berfungsi sebagai agen pembelian bagi konsumen, atau dapat pula sebagai agen penjualan bagi produsen.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter