-->

Psikologi Anak

Setiap orangtua memiliki peranan yang besar bagi anak terutama bagi perkembangan psikologi anak. Selama ini yang diketahui orangtua pada umumnya adalah bahwa peran mereka hanyalah sebatas membesarkan dan melindungi anak agar kelak menjadi individu yang mandiri dan kompeten. Namun seperti apa proses membesarkan anak terutama tentang bagaimana perkembangan psikologi anak, kerap menjadi tanda tanya.
Psikologi Anak
Konsultasi Psikologi Anak
Setiap orangtua membawa sejumlah kualitas-kualitas pribadi dalam membangun psikologi anak. Setiap orangtua memiliki jenis kelamin dan temperamen yang berbeda, hal ini turut memberikan cara-cara yang berbeda dalam pengasuhan anak yang turut berpengaruh pada perkembangan psikologi anak.
Hal lain yang mempengaruhi perkembangan psikologi anak adalah pengalaman masa lalu orang tua di masa kecil dan sejumlah nilai-nilai budaya yang membentuk mereka saat itu. Selain itu, orangtua saat ini juga memiliki pola-pola kehidupan sosial yang dapat mempengaruhi perkembangan psikologi anak seperti, hubungan bersama pasangan, keluarga besar, dunia kerja, dll.
Oleh karena itu, orangtua perlu melakukan sejumlah penyesuaian agar kualitas-kualitas pribadi yang mereka bawa ke dalam pengasuhan anak mampu memenuhi sejumlah kebutuhan-kebutuhan perkembangan psikologi anak. Dengan berkembangnya psikologi anak secara wajar, akan terpenuhi berbagai tuntutan perkembangannya, baik secara fisik, motorik, kognitif (kemampuan berpikir dan kecerdasan), kebutuhan emosi dan sosial, hingga kebutuhan akan berbagai nilai dan norma.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter