-->

Pegang Erat Tangan Pasangan Bisa Bantu Redakan Nyeri - Apa Iya!!!

Pavel Goldstein, peneliti utama dari University of Colorado di Boulder mengatakan, rasa empati yang dirasakan pasangan ketika Anda mengalami nyeri akan membuat gelombang otak Anda berdua selaras. Hal ini membuat rasa nyeri di tubuh Anda mereda bahkan hilang.

"Kami telah mengembangkan banyak cara untuk berkomunikasi di dunia modern. Makalah ini menggambarkan pentingnya sentuhan manusia," kata Goldstein.

Untuk mendapatkan temuan ini peneliti merekrut sekelompok pasangan heteroseksual, berusia antara 23 sampai 32 tahun yang telah menjalin hubungan setidaknya selama satu tahun.

Para peneliti menempatkan mereka melalui beberapa skenario berdurasi dua menit agar alat Electroencephalography (EEG) caps mengukur aktivitas gelombang otak mereka.

Skenario pertama, peneliti meminta pasangan untuk duduk bersama tidak menyentuh; skenario kedua dengan duduk bersama sambil berpegangan tangan, dan terakhir duduk di ruangan terpisah. Kemudian peneliti meminta responden mengulangi skenario saat perempuan itu mengalami nyeri panas ringan di lengannya.

Peneliti menemukan, skenario kedua paling berpengaruh mengurangi rasa sakit yang dialami perempuan. Sebaliknya peneliti juga menemukan, ketika perempuan dalam keadaan sakit dan dia tidak dapat menyentuh pasangannya maka kopling gelombang otak mereka berkurang.

"Anda mungkin ingin mengungkapkan empati untuk rasa sakit pasangan, tapi tanpa sentuhan, empati itu tak akan tersampaikan," ujar sang peneliti.

(Zee News)

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter